Oleh: kang Ja'far | 4 November 2008

Bolos sekolah? Apa sebab???

“Amri membolos..kata ibu guru..” tau lagu itu ga? saya juga lupa sih.. cuma inget sepenggal itu aja… Anyway.. kmaren liat tayangan ulang acara Snapshot di MetroTv.. tentang anak2 sekolah yang membolos ato bahasa gaulnya “cabut” ato “mabal” ato “madol” ato apalagi?? pokonya intinya kabur pada jam pelajaran sekolah…
saya jadi tertarik ngeliat acara ibi sampe abis, karena penasaran sebenernya apa sih alesan anak2 ini membolos..
Rata-rata mereka memberikan alasan “malas” ato “jenuh” ada juga yang bilang “ga nyaman aja sama suasana sekolah”.. dan lain sebagainya…
bujubuneng…. jadi mengingat-ingat.. saya juga sering jenuh.. saya juga sering bosen.. saya juga pernah nangis gara2 ga suka sama gurunya.. tapi ga pernah ampe berada di luar sekolah untuk menghindari itu semua…. ehehe bukan so’ so’an brasa jadi anak baek.. tapi mah.. yaaa gatau ya.. saya ga berhak menilai mereka2 yang memilih jalan membolos..
Eh tunggu..tunggu.. tolong dicatat.. ini ceritanya setting-nya jaman sekolah ya.. bukan jaman kuliah.. ehehehehe…. (tapi mengingat-ingat ketika kuliah juga ga sering2 amat membolos aah.. seandainya bolos pun yaa di rumah aja…)
Balik lagi ke acara snapshot.. siswa2 yang tertangkap basah bolos ini rata2 menghabiskan waktu dengan nongkrong2 saja, bengong2, coret2 tembok.. maen kartu, pacaran (iih), heuleeeuh… ckckck.. mending kaya saya gini.. nulis2 ya? eitssss.. skali lagi ga mau menilai aaah.. cuma komentar “ckckckck” aja mah bolah lah ya?
Oia.. lokasi penangkapan oleh kamera Snapshot dilakukan di Jakarta diantaranya: Situ Lembang (tempat yang emang terkenal sebagai tempat kaburnya siswasiswi yang katanya ‘jenuh’), daerah Bulungan, dan beberapa Warnet di Jakarta..
Oia untuk lokasi terakhir (warbet) juga digrebek.. dan banyak sekali siswa2 berseragam SMU yang bolos untuk maen game on-line.. Pemilik warnet sempet diwawancara, dia kelabakan gitu ditanya ko ga pake peraturan ‘siswa dilarang masuk pada saat jam sekolah’.. si pemilik warnet cuma ‘ngeles2′ aja..
Sedikit cerita, salah satu rekan senior di kantor punya anak yang duduk di bangku SMU kelas 2.. sekarang dia mogok sekolah.. padahal si Bapak ini profesor loh.. anaknya juga denger2 sih pintarr.. cuma ya itu.. dia keranjingan game dan game online.. jadi sering bolos sekolah hingga dia bener2 mogok sekolah.. akhirnya sang Bapak mencoba metode homeschooling.. entah kelanjutannya gimana sekarang..
Duuh.. knapa yaa.. pemudapemudi harapan bangsa ini seneng membolos? yaa gimana kita bisa menggantungkan harapan padamu dek’… saya aja sekarang begini kerjaannya.. ngomentarin kamu.. ihihihihihi…

“dek.. inget… blajar tuh bukan buat orang tua, apalagi ga usah jauh2 mikir belajar buat negara.. buat kamu sendiri ko..kalo bodoh dipiara ampe tua, kamu mau disepelein ama orang? bangsa kita aja udah bodoh ampe dimalingin mlulu ama malaysia..jangan nambahin lagi orang2 bodoh deh.. banyak ruginya jadi orang bodoh.. yah dek’ ya? seandainya kamu ga merasa bodoh, cuma malas sesaat yaah klo gitu jangan keterusan aja males-nya.. klo males jangan kabur dari sekolah deh, di kelas aga2 tidur2an kan ga papa..setidaknya sayup2 masih bisa denger guru berceloteh..ehehe ayo dek’ Smangaaaaathh!!! “

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: