Oleh: kang Ja'far | 25 Juni 2009

KAIDAH PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA

(Dari buku Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP)

  1. 1.  Soal harus sesuai dengan indikator

Indikator : Siswa dapat menentukan luas persegi panjang bila diketahui kelilingnya dan perbandingan antara panjang dan lebarnya

Contoh soal yang tidak sesuai indikator

Panjang suatu persegi panjang 2 cm lebih dari lebarnya. Jika luasnya 24 cm2, maka kelilingnya adalah …

  1. 10 cm                           c.   20 cm
  2. 11 cm                           d.   22 cm

Penjelasan:

Contoh di atas tidak sesuai dengan indikator, karena hal yang ditanyakan adalah tentang keliling persegi panjang, sedangkan indikator menuntut soal tentang luas persegi panjang.

Contoh soal yang sesuai indikator

Panjang suatu persegi panjang 3 cm lebih dari lebarnya. Jika kelilingnya 30 cm, maka luasnya adalah …

  1. 50 cm2 c.   54 cm2
  2. 51 cm2 d.   60 cm2
  1. 2.  Pilihan jawaban harus homogen dan logis

Contoh soal yang kurang baik

Nama-nama bangun di bawah ini yang hanya mempunyai dua buah sumbu simetri adalah …

  1. persegi                           c.  persegi panjang
  2. jajar genjang                 d.  segitiga samakaki

Penjelasan :

Pada contoh di atas, pilihan jawaban d tidak homogen dari segi materi, karena merupakan segitiga, sedangkan pilihan jawaban lain merupakan segi empat.

Contoh soal yang lebih baik

Nama-nama bangun di bawah ini yang hanya mempunyai dua buah sumbu simetri adalah …

  1. persegi                           c.   persegi panjang
  2. jajar genjang                 d.   trapesium
  1. 3.  Hanya ada satu kunci jawaban yang paling tepat

Contoh soal yang kurang baik

Berikut ini yang merupakan jaring-jaring kubus adalah …

  1. c.

  1. d.

Penjelasan :

Contoh soal di atas kurang baik karena terdapat dua pilihan jawaban yang benar, yaitu A dan C. Hal ini dapat membingungkan siswa dalam menentukan kunci jawaban.

Soal yang lebih baik

Berikut ini yang merupakan jarring-jaring kubus adalah …

  1. c.
  1. d.
  1. 4.  Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas

Contoh soal yang kurang baik.

Akar-akar persamaan  adalah x1 dan x2. Nilai  adalah …

  1. –3                                c.   2
  2. –2                                d.   3

KUNCI : A dan D

Penjelasan :

Penjelasan yang ditanyakan pada pokok soal di atas tidak tegas sehingga akan membingungkan siswa dalam menentukan kunci jawaban

Contoh soal yang lebih baik.

Akar-akar persamaan  adalah x1 dan x2, dengan .  Nilai  adalah …

  1. –3                                c.   2
  2. –2                                d.   3
  1. 5.  Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan

Contoh soal yang kurang baik

Budi mengendarai sepeda setiap hari Minggu mengitari lapangan. Roda sepeda tersebut berdiameter 70 cm dan berputar sebanyak 50 kali. Panjang lintasan yang dilalui sepeda itu adalah …

  1. 7.700 m                       c.   220 m
  2. 3.850 m                       d.   110 m

Penjelasan :

Rumus pokok soal di atas berlebihan, karena ada bagian yang tidak diperlukan. Hal ini akan menyita waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik

Roda sebuah sepeda yang berdiameter 70 cm berputar sebanyak 50 kali. Panjang lintasan yang dilalui sepeda itu adalah …

  1. 7.700 m                       c.   220 m
  2. 3.850 m                       d.   110 m
  1. 6.  Pokok soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban.

Contoh soal yang kurang baik

Segitiga sama sisi mempunyai tiga sudut yang sama besar. Jika salah satu sudutnya 600, maka besar sudut yang lain adalah …

  1. 300 c.   600
  2. 450 d.   900

Penjelasan :

Contoh soal di atas kurang baik karena pada pokok soal terdapat petunjuk ke arah jawaban yang benar yaitu kata “mempunyai tiga sudut yang sama besar”.

Contoh soal yang lebih baik.

Besar setiap sudut segitiga sama sisi adalah …

  1. 300 c.   600
  2. 450 d.   900
  1. 7.  Pokok soal tidak menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda

Contoh soal yang kurang baik

Bilangan berikut ini bukan bilangan prima, kecuali adalah …

  1. 1                                  c.   6
  2. 2                                  d.   9

Keterangan :

Pokok soal yang menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda (kata bukankecuali, dan sejenisnya) dapat membingungkan siswa

Contoh soal yang lebih baik

Bilangan berikut merupakan bilangan prima, kecuali

  1. 1                                  c.   3
  2. 2                                  d.   5
  1. 8.  Gambar / grafik / tabel / diagram dan sejenisnya jelas dan berfungsi

Contoh soal yang kurang baik

Perhatikan gambar di samping!

Bila diameter lingkaran 14 cm maka luas juring POQ adalah …

  1. 10,5 cm2
  2. 14 cm2
  3. 24,5 cm2
  4. 38,5 cm2

Contoh soal yang lebih baik

Perhatikan gambar di samping!

Bila diameter lingkaran 14 cm maka luas daerah yang diarsir adalah …

  1. 10,5 cm2
  2. 14 cm2
  3. 105 cm2
  4. 129,5 cm2

9. Panjang pilihan jawaban relatif sama.

Contoh soal yang kurang baik

Sifat persegi yang tidak dimiliki oleh persegi panjang adalah …

  1. sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang
  2. diagonal-diagonalnya saling berpotongan dan membagi dua sama panjang serta saling tegak lurus
  3. semua sudutnya siku-siku
  4. kedua diagonalnya sama panjang

Contoh soal yang baik

Sifat persegi yang tidak dimiliki oleh persegi panjang adalah …

  1. sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang
  2. diagonal-diagonalnya saling berpotongan dan tegak lurus
  3. semua sudutnya siku-siku
  4. kedua diagonalnya sama panjang

10. Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan yang berbunyi “Semua jawaban diatas salah”. Atau berbunyi “Semua jawaban diatas benar”.

Contoh soal yang kurang baik

Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 15 dan 56 adalah …

  1. tidak ada
  2. 2
  3. 840
  4. semua jawaban di atas salah

Penjelasan

Contoh soal di atas kurang baik karena hanya terdapat tiga pilihan jawaban saja yang di pertimbangkan. Jika semua jawaban diatas salah merupakan kunci, maka kita tidak mendapatkan informasi apakah siswa telah mengetahui faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan.

Contoh soal yang lebih baik

Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 15 dan 56 adalah …

  1. tidak ada                      c.   2
  2. 1                                  d.   840

11. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologinya.

Contoh soal yang kurang baik

Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 18 orang selama 16 hari. Banyak tenaga kerja yang haris ditambah agar pekerjaan itu selesai dalam waktu 12 hari adalah …

  1. 12 orang                       c.   24 orang
  2. 18 orang                       d.   6 orang

Penjelasan :

Pilihan jawaban di atas tidak berurutan dari kecil ke besar atau sebaliknya. Hal ini akan menyita waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik

Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 18 orang selama 16 hari. Banyak tenaga kerja yang haris ditambah agar pekerjaan itu selesai dalam waktu 12 hari adalah …

  1. 6 orang                         c.   18 orang
  2. 12 orang                       d.   24 orang

12. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya

Soal yang kurang baik

  1. Gambar di samping adalah gambar sebidang tanah.Luas daerah yang diarsir adalah …
  2. 200 m2
  3. 120 m2
  4. 118 m2
  5. 82 m2
  6. Bila daerah yang diarsir pada soal nomor 1 akan ditanami rumput dengan biaya Rp 25.000,00 setiap m2, maka biaya yang diperlukan adalah  …
  7. Rp 5.000.000,00
  8. Rp 3.000.000,00
  9. Rp 2.950.000,00
  10. Rp 2.050.000,00

Penjelasan :

Pada soal nomor 2 siswa diminta menghitung biaya yang diperlukan untuk menanam rumput. Untuk menghitung biaya tersebut terlebih dahulu harus menghitung luas segitiga PQR (soal nomor 1). Jika siswa tidak dapat mneghitung luas daerah yang diarsir , maka siswa tidak akan dapat mengerjakan soal nomor 2. Hal ini sangat merugikan siswa.

13. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia

Contoh soal yang kurang baik

Harga 3 buah buku Rp 1.500,-. Berapakah harga 7 buah buku?

  1. Rp 3.000,-                   c.   Rp 3.700,-
  2. Rp 3.500,-                   d.   Rp 4.000,-

Penjelasan :

Soal di atas kurang baik, karena dalam menuliskan harga tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia.

Contoh soal yang lebih baik

Harga 3 buah buku Rp 1.500,00. Berapakah harga 7 buah buku?

  1. Rp 3.000,00                c.   Rp 3.700,00
  2. Rp 3.500,00                d.   Rp 4.000,00

14. Soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat.

Contoh soal yang kurang baik

Seorang pedagang membeli 25 gantang beras dengan harga Rp 2.500,00 per liter. Pedagang tersebut mengeluarkan biaya transportasi Rp 2.500,00 dan upah angkut Rp 2.500,00. Bila ia memperoleh untung Rp 20.000,00, maka harga jual tiap liternya adalah …

  1. Rp 2.900,00                c.   Rp 3.300,00
  2. Rp 3.000,00                d.   Rp 3.900,00

Penjelasan :

Istilah gantang yang terdapat pada pokok soal di atas hanya berlaku pada daerah yang artinya gantang sama dengan 2 liter. Bila soal ini diberikan ke daerah lain mungkin akan menimbulkan penafsiran lain.

Contoh soal yang lebih baik

Seorang pedagang membeli 50 liter beras dengan harga Rp 2.500,00 per liter. Pedagang tersebut mengeluarkan biaya transportasi Rp 2.500,00 dan upah angkut Rp 2.500,00. Bila ia memperoleh untung Rp 20.000,00, maka harga jual tiap liternya adalah …

  1. Rp 3.000,00                c.   Rp 3.700,00
  2. Rp 3.500,00                d.   Rp 4.000,00

15. Pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama.

Contoh soal yang kurang baik

Diketahui segienam beraturan PQRSTU, diagonal PS, UR, dan QT berpotongan di titik O. Bila segienam tersebut diputar 1800 dengan pusat O, maka …

  1. titik Q menempati titik S
  2. titik Q menempati titik U
  3. titik Q menempati titik T
  4. titik Q menempati titik P

Penjelasan :

Contoh soaldi atas kurang baik karena pada pilihan jawaban terdapat kelompok kata yang berulang. Hal ini akan menyita sebagian waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik

Diketahui segienam beraturan PQRSTU, diagonal PS, UR, dan QT berpotongan di titik O. Bila segienam tersebut diputar 1800 dengan pusat O, maka titik Q menempati …

  1. titik S                           c.   titik T

b.        titik U                          d.   titik P

About these ads

Responses

  1. lengkap banet gh materinya…………………!!!


Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: