Oleh: kang Ja'far | 15 April 2011

Siswa Lemah di Matematika, apa komentar anda ?

saat saya membaca artikel ini,“Siswa Lemah di Matematika, Telunjuk Tertuju pada Guru” , sumber: http://gurupintar.ut.ac.id/index.php/component/content/article/129-siswa-lemah-di-matemat ika -telunjuk-tertuju-pada-guru.html rasanya saya sangat tidak setuju. Keberhasilan belajar  tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh guru saja. (tulisan ini bukan tuk pembelaan diri karena profesi penulis adalah guru matematika)

Dari literatur yang saya baca, secara garis besar keberhasilan belajar siswa ditentukan oleh:

Faktor Internal

Biologis

  • Kondisi fisik yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir; meliputi keadaan otak, panca indera, anggota tubuh.
  • Kondisi kesehatan fisik. Kondisi fisik yang sehat dan segar sangat mempengaruhi keberhasilan belajar. Di dalam menjaga kesehatan fisik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pola makan dan minum, olahraga teratur serta cukup istirahat/tidur.

Intelegensi

Faktor intelegensi besar sekali pengaruhnya terhadap kemampuan belajar anak. Gardner, dalam teori Multiple Intellegencenya menyatakan bahwa intelegensi memiliki 8 dimensi, yaitu:

  • linguistik
  • musik
  • matematik logis
  • visual spesial
  • kinestetik fisik
  • interpersonal
  • intrapersonal
  • naturalistik

Psikologis

Kondisi mental yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil.

Minat, Motivasi, dan Bakat

  • Minat yang besar terhadap sesuatu terutama dalam belajar akan mengakibatkan proses belajar lebih mudah dilakukan.
  • Motivasi merupakan dorongan agar anak mau melakukan sesuatu. Motivasi bisa berasal dari dalam diri anak sendiri ataupun dari luar. Motivasi inilah yang menurut saya yang paling dominan dalam menentukan siswa akan berhasil dalam belajar atau tidak. Peran guru, orang tua, dan lingkungan masyarakat sangat sangat signifikan dalam membangkitkan motivasi ini.
  • Bakat, bukan menentukan mampu atau tidaknya seseorang dalam suatu bidang, melainkan lebih banyak menentukan tinggi rendahnya kemampuan seseorang dalam suatu bidang.

Cara belajar

Meliputi teknik belajar, bagaimana bentuk catatan di buku, pengaturan waktu, tempat serta fasilitas belajar.

Faktor Eksternal

Lingkungan Keluarga

Faktor lingkungan rumah atau keluarga ini merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang. Suasana lingkungan rumah yang tenang dan damai, adanya motivasi dan perhatian orangtua terhadap perkembangan belajar anak-anaknya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa.

Lingkungan Sekolah

Hal yang paling mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolah meliputi pendekatan dan metode mengajar, kurikulum, hubungan guru dengan siswa, hubungan siswa dengan siswa, pelajaran, tata tertib yang ditegakkan secara konsekwen dan konsisten, juga sarana dan prasarana yang tersedia.

Lingkungan Masyarakat
Lingkungan masyarakat juga sangat mempengaruhi belajar siswa. Lingkungan masyarakat yang berpendidikan dan bermoral baik sangat mendukung keberhasilan siswa dalam belajar.

Sebagai penutup, tulisan ini bukan semata-mata merupakan bentuk pembelaan diri guru, melainkan lebih bertujuan untuk membangkitkan kesadaran kita semua bahwa pendidikan sesungguhnya merupakan hal yang kompleks yang menjadi tanggung jawab kita bersama dan salah satu solusi mereduksi permasalahan edukasi di negeri ini adalah mengoptimalkan sinergi antara pihak sekolah dengan keluarga dan masyarakat dimana siswa tinggal.

Beberapa teks pada post ini disadur dari tulisan saudara mursyid

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: