Oleh: kang Ja'far | 7 November 2011

3 asas pendidikan Ki Hajar Dewantara

Asas Guru dalam bentuk hubungan pola atau tingkah laku antara Guru dengan Siswa terdiri atas 3 pernyataan berdasarkan Rumusan dari Bapak Pendidikan Nasional yaitu Ki Hajar Dewantara. Sedikit mengingatkan, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia Ki Hajar Dewantara lahir tahun 1889 dan meninggal pada tahun 1959, Beliau pernah menjabat sebagai Menteri P dan K Republik Indonesia ke 1 pada tahun 1945. Dan Beliau merumuskan 3 Asas Pendidikan, yaitu:

  1. Ing Ngarso Sung Tulodo
  2. Ing Madya Mangun Karso, dan
  3. Tut Wuri Handayani

3 Asas tersebut jika di implementasikan dalam Dunia Pendidikan dapat diartikan Sebagai Berikut:Kegiatan Belajar Mengajar Guru Murid Asas Guru Menurut Rumusan Ki Hajar Dewantara

  1. Ing Ngarso Sung Tulodo: Di depan seorang Guru harus dapat memberikan contoh atau Teladan yang baik kepada siswa-siswinya.
  2. Ing Madya Mangun Karso: Di Tengah atau bersama-sama dengan Siswa, Seorang guru diharapkan dapat aktif bekerjasama dengan Siswa dalam Usaha mencapai tujuan pendidikan.
  3. Tut Wuri Handayani: Di Belakang, Seorang Guru harus mampu mengarahkan dan Memotivasi peserta Didik agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Apabila 3 Asas tersebut dilaksanakan insyallah tujuan pendidikan yang termuat di UUD 1945 alinea 4 bisa tercapai dengan memuaskan.

Adapun Tujuan Pendidikan yang terdapat di UUD 45 alinea 4, yaitu: “Mencerdasakan kehidupan Bangsa” Yang artinya Guru mempunyai tugas menumbuhkan Kemampuan anak didiknya yang dapat meningkatkan mutu kehidupan Bangsa

sumber: http://noviku.com

Iklan

Responses

  1. makasih


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: